Beauty
12/4/2017

Alasan untuk Menggunakan Sun Screen Bagi Pemilik Kulit Coklat

Alasan untuk Menggunakan Sun Screen Bagi Pemilik Kulit Coklat
Semua orang memerlukan sun screen. Yup, siapapun tanpa terkcuali! Akan tetapi, banyak yang bilang kalau pemilik kulit berwarna gelap alias coklat atau cenderung hitam nggak memerlukan produk yang satu ini. Benar nggak sih?

Pemilik Spatique Medical Spa sekaligus Profesor Klinis di Mount Sinai School of Medicine, New York bernama Dr. Marina Peredo memaparkan dalam sebuah artikel di medicaldaily.com kalau sun screen wajib dipakai oleh semua orang. Apapun warna kulitnya.

Kenyataannya, salah satu faktor utama yang memicu kerusakan kulit adalah kandungan melanin, yakni pigmen yang menghasilkan warna pada kulit kita. Semakin tinggi kandungan melaninnya, warna kulit kita pun semakin gelap. Nah, untuk orang-orang yang punya kulit berwarna gelap, biasanya lebih rentan terhadap hyperpigmentation yang menyebabkan bintik-bintik hitam yang mengganggu. Nah, di sinilah peran sun screen tetap diutamakan bagi para pemilik kulit berwarna gelap supaya maslaah tersebut teratasi atau terhindarkan.

Dr. Marlina Peredo juga menambahkan kalau orang berkulit gelap terkena paparan sinar matahari, noda hitam atau luka yang membekas setelahnya biasanya sulit diatasi. Kalau sudah mengalami hal ini, kita yang memiliki kulit gelap dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung. Oleh sebab itu, pemakaian sun screen dapat meminimalisir efek buruknya terutama saat kita beraktivitas keluar rumah. Nggak mau kan kulit kita yang warnanya sudah gelap, ditambah noda-noda hitam yang pekat menjadi semakin kusam. Our dark skin should look exotic, right?

Selain dapat mengurangi noda-noda bekas paparan sinar matahari, penggunaan sun screen ini juga bertujuan untuk menjauhkan kulit kita dari bekas jerawat yang bisa memburuk (jaringan parut) dan luka bakar yang memperkusam kulit.

Kabar buruk yang pernah terjadi di beberapa belahan dunia, paparan sinar matahari langsung tersebut juga dapat memicu timbulnya kanker kulit yang pastinya bahaya banget. Dr. Nancy Snyderman memaparkan, “Pigmen di dalam tubuh sebenarnya bisa melindungi kulit, namun hanya batasan tertentu dan kurang maksimal, karena sinar matahari zaman sekarang pun semakin 'jahat'. Efek buruk dari UVA dan UVB dari sinar matahari dapat menembuk kulit kita, termasuk kulit yang berwarna gelap. Untuk membantu meminimalisir efek buruk tersebut, penggunaan sun screen sangat dianjurkan.”

Bicara sun screen, kamu tentu nggak asing lagi deh sama istilah SPF. SPF alias Sun Protection Factor merupakan kandungan yang bertugas menjaga kulit dari serangan sinar UV. Kalau kalian masih bingung dengan angka-angka SPF yang selalu ada di sun screen, sebenarnya angka-angka tersebut adalah kandungan yang penggunaaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

SPF 15: Melindungi kulit dari sinar UV, namun perlindungannya minimal sehingga masih memungkinkan kulit untuk terbakar.
SPF 30: Tingkat perlindungannya tentu lebih tinggi, namun akan tetap meninggalkan noda kecoklatan meski nggak mencolok.
SPF 50: Tingkat perlindungannya semakin tinggi, untuk itu baik digunakan saat kita berada di bawah matahari langsung yang menyengat, seperti di pantai saat musim panas.

Inti yang perlu kita gari bawahi dari pembahasan ini adalah apapun warna kulit kita, pemakaian sun screem sangat penting sebagai langkah awal untuk melindungi kita dari paparan sinar-sinar di luar ruangan yang dapat memberikan efek buruk. Jadi, jangan lupa untuk pakai produk ini sebelum memulai aktivitas ya! Karena, kulit yang gelap sekalipun butuh perlindungan ekstra supaya tetap sehat dan nggak terlihat kusam.


BACA JUGA:

Yuk, Atasi Kulit Belang dengan Cara Ini!

Rahasia Kulit Bebas Jerawat Ala Kendall Jenner

Cara Mengatasi Noda Hitam Versi Seleb Hollywood
 


Tagging : #beauty, #kulit

Supaya kamu nggak salah pilih, Make Over punya pilihan shade baru nih! Mulai dari Intense Matte Lip Cream, Ultra Hi Matte Lipstick, Ultra…

2017-10-23

Nungki Dwiandara

Barang essential apa saja yang wajib ada di tas kamu? Tentunya, selain dompet, parfum, dan power bank, item satu ini juga wajib kamu…

2017-09-29

Radhitio Anindhito

Ngaku deh, kita punya tendensi untuk membeli lipstik dengan warna yang mirip atau warna-warna aman yang masih ada dalam spektrum nuansa merah. But again,…

2017-08-28

Cinantya Kumala

Kamu pernah denger nggak sih mitos yang mengatakan kalau ada bulu mata yang jatuh tandanya ada orang yang lagi kangen sama kita? Hmmm……

2017-04-11

Arzia Nuari

Seperti yang sudah pernah CG! sebutkan di beberapa artikel sebelumnya, bagian mata menjadi fokus utama saat orang lain melihat kita, termasuk bulu mata…

2017-04-10

Arzia Nuari

Bisa tidur nyenyak setelah menjalani sederet aktivitas seharian tentu menjadi harapan semua orang. Akan tetapi, kenyataannya nggak semua orang bisa merasakan hal yang…

2017-04-04

Arzia Nuari