Life
12/4/2017

Tinggalkan Kebiasaan-Kebiasaan Ini Saat Belajar Supaya Bisa Dapat Nilai Bagus di Sekolah

Tinggalkan Kebiasaan-Kebiasaan Ini Saat Belajar Supaya Bisa Dapat Nilai Bagus di Sekolah

Nggak semua orang bisa mendapatkan nilai yang bagus di setiap semester. Ternyata, tanpa kamu sadari kebiasaan belajar sangat berpengaruh dalam keberhasilan kamu mencapai nilai yang bagus. Mungkin sebagian dari kamu pernah merasa heran, karena termasuk orang rajin belajar, tapi nilai kamu di sekolah atau kampus tetap nggak maksimal. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh sistem belajar yang salah. Ini saatnya kamu tinggalkan kebiasaan-kebiasaan ini saat belajar!

Belajar Sambil Tiduran

Ingat! Posisi belajar sangat berpengaruh pada keberhasilan belajar. Kebanyakan orang atau mungkin termasuk kamu malas belajar sambil duduk dan lebih memilih belajar sambiil tiduran. Belajar dengan posisi sambil tiduran nggak akan efektif, karena bikin kamu susah untuk memahami materi pelajaran. Jadi, jangan lakukan kebiasaan itu saat belajar lagi ya!

Sistem Kebut Semalam

Karena ujian masih seminggu lagi, yang kamu lalukan pasti menunda-nunda belajar. Nah, sebelum hari H kamu baru belajar dengan memaksa mengingat semua materi yang sudah diajarkan selama satu malam alias menerapkan sistem kebut semalam (SKS). Nggak sedikit lho yang pikirannya justru malah jadi blank saat berada di kelas.

Mengulang Bacaan yang Sama

Karena kamu menganggap sudah paham betul dengan materi yang akan diujikan, kamu jadi cuma mengulas teori yang sudah guru sampaikan tanpa mencoba belajar dengan metode lain. Memang sih, hal ini akan membuat ingatan kamu mengingat kembali, tapi CG! jamin hal itu nggak akan bertahan sampai besok saat ujian deh.

Multitasking

Belajar matematika tapi sambil chatting sama gebetan? Duh, gimana konsentrasi kamu nggak terpecah? Coba deh untuk lebih fokus saat belajar, girls!

Mencoret-Coret Buku

Niatnya sih mencoret-coret buku bacaan agar meningkatkan daya ingat kamu. Memang sih, dengan memberikan high light pada poin-poin yang penting dapat menambah daya ingat kamu dan mempermudah belajarmu. Akan tetapi, kalau hampir semua bagian kamu tandai, bukannya bikin kamu tambah ingat, malah bikin kamu jadi pusing.

Menulis di Laptop

Biar terlihat lebih keren, kamu menjadikan laptop sebagai wadah kamu mencatat semua materi yang diberikan. Sayangnya, metode belajar jenis ini jauh nggak efektif dibandingkan kamu menulis catatan semua materi di kertas. Karena dengan menulis tangan, otak kamu akan lebih mudah terangsang sehingga daya ingatmu jadi lebih kuat.

Salah Pilih Tempat

Karena bosan belajar di rumah dengan suasana yang itu-itu saja, kamu memilih tempat dengan suasana baru untuk belajar seperti di coffe shop sembari menambah stok foto kamu untuk di-upload ke Instagram. Niatnya, ingin mencoba metode belajar dengan suasana baru agar belajarmu lebih efektif, kamu malah nggak bisa konsentrasi karena suasana yang berisik. Namanya juga di tempat umum, pantas saja dong kalau berisik.

Belajar Bareng Teman

Siapa yang suka belajar bareng temen menjelang ujian? Rasanya lebih tepat belajar bareng teman karena ada yang ngajarin kamu dan ada yang nemenin belajar. Tapi ternyata hal itu malah bisa jadi boomerang. Misalnya, saat teman kamu sedang mengajarimu, karena takut dicemooh kamu jadi pura-pura mengerti materi yang diajarkan padahal sebenarnya nggak ngerti. Ada baiknya, sebelum belajar dengan teman, kamu juga mencoba latihan soal sendiri ya! Fatalnya lagi, bukannya belajar, tapi malah ngobrol terus. Oh nooo...!!!

 

BACA JUGA:

Katy Perry Potong Rambut Mirip Miley Cyrus. Yay or Nay?

5 Video Tantangan yang Paling Banyak Di-upload di YouTube

Hal-Hal yang Perlu Kamu Lakukan kalau Naksir Cowok, tapi Kamu Sudah Punya Pacar



Salah satu kendala yang mungkin kamu temui saat hendak berlibur ke Australia adalah masalah biaya. Pasalnya, Negeri Kanguru ini memang dikenal sebagai salah…

2019-08-26

Arzia Nuari

“Tanpa kuota hidup bisa merana”,  kayaknya itu bisa jadi jargon masa kini dimana millenials sudah sangat tergantung konektivitas jaringan internet.  Kebutuhan meng-update diri…

2019-03-25

Arzia Nuari

Salah satu yang cukup  menarik jika ingin berwisata ke Jepang adalah melihat kuil-kuil indah dan megah. Selain rata-rata berusia tua hingga ribuan tahun,…

2019-01-21

Arzia Nuari

Media sosial yang kian berkembang, menjadikan kemajuan teknologi yang satu ini sebagai kebutuhan. Nggak cuma mengunggah kegiatan sehari-hari, hal-hal seru yang mereka lakukan…

2017-04-11

Arrafina Muslimah

Nggak ada salahnya sih kalau kamu naksir sama cowok dan rasanya berbunga-bunga dan sangat menyenangkan. Tapiiii... bagaimana ya kalau kamu naksir sama cowok…

2017-04-11

Arrafina Muslimah

Blibli Fun Festival (BFF), festival akbar yang memadukan konser musik dengan menampilkan karya seni (artwork), sukses di gelar pada tanggal 8 – 9…

2017-04-10

Arrafina Muslimah