Celebrity
11/4/2017

Exclusive Interview with HiVi!: Bocoran Seputar Album Terbarunya, Kereta Kencan

Exclusive Interview with HiVi!: Bocoran Seputar Album Terbarunya, Kereta Kencan

By: Mariana Ester
Photo: Insan Obi, Dok.CG

Siapkah kau 'tuk jatuh cinta, Girls? You must be ready! Soalnya, HiVi! akhirnya meluncurkan album terbaru mereka yang unbelievably lovely pada 23 Maret 2017. Album ini sendiri berjudul Kereta Kencan yang artinya, “kendaraan” HiVi! untuk “berkencan” bersama telinga dan selera para penikmat musik Indonesia. Mau kencan bareng HiVi!? Yuk, intip dulu detail album kedua mereka ini lewat exclusive chit chat CG! bersama HiVi! di bawah ini!

 

CG!: Bagaimana perasaannya setelah merilis album kedua dengan formasi baru?

HiVi!: “Yang pasti, kita excited banget dan tentunya, bersyukur. Soalnya, kita sudah cukup lama nggak mengeluarkan karya dalam bentuk album. Terakhir, kan, kita merilis album pertama, Say Hi! To HiVi!, pada 2012. Setelah itu, kita hanya merilis beberapa single seperti, Heartbeat, Siapkah Kau 'Tuk Jatuh Cinta dan Sama-sama Tahu. Jadi, ini merupakan penantian yang cukup lama, tapi terbayarkan.”

 

CG!: Album Kereta Kencan ini sendiri bercerita tentang apa?

HiVi!: “Masih tentang cinta dan pengalaman hidup yang relevant. Tapi, karena kita sudah dewasa, ceritanya juga sudah lebih dewasa. Kalau dulu, saat merilis album pertama, lagu-lagunya berdasarkan cerita cinta saat kita masih berumur 19-20 tahun yang mostly fokus dengan pengalaman sewaktu SMA dan kuliah. Kalau sekarang, bisa dibilang, lebih advanced. Hahaha.”

 

CG!: Karena album Kereta Kencan merupakan pengalaman cinta. Siapa saja yang menulis?

HiVi!: “Kita menulis lagu bersama-sama. Terkadang, salah satu dari kita datang dengan sebuah cerita, lirik maupun nada, lalu kita diskusikan bersama. Setelah itu, baru deh, kita mulai mengerjakan materi musik bareng-bareng. Makanya, lagu-lagu HiVi! mewakilkan cerita kita semua, yang juga mewakilkan cerita semua orang. Salah satunya, lagu Gadis Sampul. Lagu ini bercerita tentang pengalaman kita dan semua cowok yang suka mengkhayal saat lihat cover girl di sebuah majalah. Kita, kan, pasti suka mikir “kalau kita jadi pacar si gadis sampul ini, bagaimana, ya?” Hehehe.”

 

 

CG!: Ceritain dong, proses pembuatan album Kereta Kencan?

HiVi!: "Untuk proses pembuatannya sendiri, sebenarnya, kita sudah menggarapnya pada 2015. Akan tetapi, kita baru berkesempatan untuk meluncurkannya sekarang. Mungkin yang berbeda dari proses pembuatan album pertama, sekarang, kita  juga bekerja sama dengan beberapa musisi dalam persiapan materi, seperti Amar Ibrahim dari Maliq & D'Essentials, Andi Rianto selaku pemimpin dari Magenta Orchestra, hingga Budi Haryono yang pernah tergabung dalam band GIGI, dan masih banyak lagi. Tentu, kita bekerja sama kembali dengan Lale Ilman Nino, dan ya, kita belajar banyak hal tentang bermusik dari mereka. Akan tetapi, intinya, dalam proses penulisan lagu, kita menulisnya berdasarkan pengalaman kita sendiri. Yup, banyak diskusi, saling memberi masukan dan semacamnya, itu yang kita lakukan."

 

CG!: Apa yang spesial dari album Kereta Kencan?

HiVi!: “Selain kerja sama kita dengan para musisi senior yang bikin kita belajar banyak hal tentang bermusik, di album kedua kali ini, kita juga memberi value yang lebih untuk para pecinta musik lewat box set Kereta Kencan yang spesial. Kenapa kita bilang spesial? Karena box set ini berbeda dari box set biasanya, yang cuma diperuntukkan sebagai pajangan di kamar. Yup, box set Kereta Kencan bisa bermanfaat dan digunakan oleh pembelinya, karena terdiri dari gitar kecil yang kita sebut gitar lele, album USB, buku interactive, dan pena yang juga bisa digunakan sebagai stylus."

 

 

CG!: We love the box set! Jelasin kegunaannya, dong!

HiVi!: “Pertama, gitar lele dengan 6 senar bisa kamu mainkan. Kedua, sesuai jenisnya, album USB akan beri kebebasan buat kamu memasukkan file tambahan, seperti lagu, lirik dengan chord, dan instrumental dari lagu-lagu HiVi!. Jadi, kalian bisa karokean juga, deh! Ketiga, ada buku interactive yang bakal bantu kamu dalam menemukan semua jawaban tentang hidup, seperti cara menemukan passion, cara menentukan jurusan di perkuliahan, cara memulai usaha dan semacamnya. Kita sendiri yang menulisnya, lho, dan kamu juga bisa menulis di bagian yang kita siapkan. Eits, ada satu halaman khusus untuk memastikan pena HiVi!-nya nyata atau nggak, biar bisa dipake untuk nulis buku interactive ini. Hehehe.”

 

CG!: Masih bicara soal box set, dari mana kalian dapat ide untuk membuatnya?

HiVi!: “Tentu, ini semua karena kita mau kasih yang terbaik untuk para penikmat musik, khususnya fans. Tapi, fokus dengan album USB, ini merupakan cara bagi kita untuk explore dunia digital yang sebenarnya bisa dimanfaatkan bagi industri musik. Kalau buku sendiri, ini berawal dari hubungan dekat kita dengan para fans. Soalnya, setiap kali ngumpul bareng fans, mereka nggak hanya minta foto bareng, tapi juga tanya tentang banyak hal yang berkaitan dengan masa depan. Karena itu, kita mau bantu mereka dan kita harap, setelah mereka selesai menulis buku ini, mereka jadi tahu apa yang harus mereka lakukan, baik bikin usaha, masuk ke jurusan mana dan semacamnya."

 

 

CG!: Apa harapan kalian terhadap album Kereta Kencan?

HiVi!: "Setiap lagu disiapkan untuk dinyanyikan semua orang. Kita harap, setiap lagu akan diterima oleh para penikmat musik dan mewakilkan cerita-cerita cinta dan pengalaman hidup mereka lainnya."

 

Hayoo.. siapa yang makin excited dengan HiVi!? Sama seperti kamu, CG! excited banget dengan album kedua HiVi! yang berjudul Kereta Kencan ini. Mulai dari konsep hingga packaging-nya, CG! totally loves it! Rasanya, sebelum kehabisan, kita harus cepat-cepat beli box set Kereta Kencan yang dijual secara terbatas. Eits, sebelumnya, cek profile album Kereta Kencan dari HiVi di bawah ini!

 

 

 

BACA JUGA:

1. Exclusive Interview: Honne Bermusik di Era Teknologi

2. Exclusive Intervew: YouTuber Tanner Patrick Bicara Soal Cinta

3. Exclusive Interview: Raditya Dika dan Film Terakhirnya, The Guys

 

 



We recommend you to add Mew’s songs to your playlist! Kenapa? Karena band asal Denmark yang beranggotakan Jonas Bjerre (vocal), Johan Wohlert (bass),…

2017-12-31

Arzia Nuari

On loop: BTS - DNA. Yass ARMYs, the wait is over! Setelah Beyond The Scene alias BTS menebar banyak hint menjelang comeback-nya, boy group…

2017-09-18

Arzia Nuari

Banyak kolaborasi tak terduga yang terjalin di tahun 2017 ini, khususnya di ranah musik. Salah satu kolaborasi paling menarik adalah Andien dan Scaller,…

2017-09-12

Arzia Nuari

Bicara soal musik, kita tahu kalau musik indie sudah mulai meluas. Dari berbagai genre dan negara, musik indie semakin diterima dan dinikmati para…

2017-04-09

Mariana Ester

Terbang ke Korea Selatan, kita pasti familiar dengan drama-drama percintaannya dan musik K-Pop yang sudah mendunia. Eits, kamu ketinggalan satu hal yang juga…

2017-04-08

Mariana Ester

Terbang dari Medan ke Jakarta seorang diri, aktor muda Rayn Wijaya jelas menunjukkan keseriusannya untuk berkarier di dunia akting. Hasilnya, nggak cuma sukses…

2017-04-07

Mariana Ester